Open Source GIS: Aplikasi Quantum GIS untuk Sistem Informasi Lingkungan

Open Source GIS

Open Source GIS

Penulis: Aditya L. Ramadona dan Hari Kusnanto

Saat ini sebenarnya sudah bertebaran berbagai buku yang mengulas perangkat lunak sistem informasi geografis. Namun demikian, masih sangat sukar ditemui buku yang mengulas Quantum GIS, sebagai alternatif perangkat lunak sistem informasi geografis komersial.

Quantum GIS dipilih dalam penulisan buku ini karena ia merupakan perangkat lunak untuk sistem informasi geografis user-friendly. Quantum GIS menggunakan lisensi terbuka di bawah GNU General Public License. Lisensi ini sangat sesuai dengan atmosfer akademik, yang penuh dengan keterbukaan dan perkembangan.

Quantum GIS adalah proyek yang dijalankan oleh komunitas relawan. Pengguna Quantum GIS dipersilakan untuk turut berkontribusi, baik dalam menyusunan kode program, memperbaiki kesalahan, melaporkan kesalahan, membuat dokumentasi, advokasi dan mendukung pengguna lain melalui mailing list dan forum Quantum GIS. Dengan demikian, pengguna Quantum GIS memiliki kesempatan yang luar biasa besar untuk mengembangkan perangkat lunak ini agar dapat memenuhi kebutuhannya.

11. December 2011 by Aditya L. Ramadona
Categories: Komputer & Pemrograman | Tags: , |

Comments (3)

  1. keren nih apikasi .
    open source pula .
    bagi link downloadnya donk gan . hhe 😛

  2. Software bisa diunduh via http://www.qgis.org sedangkan untuk ebook bisa di http://www.buku-e.lipi.go.id dengan kata kunci “Quantum GIS”. terimakasih dan semoga bermanfaat

  3. Keren ni informasinya

Leave a Reply

Required fields are marked *